Kamis, 19 Januari 2017

Tutorial memperbaiki karburator sepeda motor

XDewantara-yeah guys para enginer dan mekanik handal sepeda motor. Kali ini XDewantara akan membahas cara memperbaiki karburator.
Yah para raiders pasti pernah mengalami kejadian karburator yang tidak enak dipakai kan? Entah itu setelan gas, setelan angin , bahkan mungkin karburator mampet karena kotoran.
Yak sedikit flashback mengenai sejarah karburator terlebih dahulu

Sejarah karburator
Karburator pertama kali ditemukan olehKarl Benzpada tahun 1885 dan dipatenkanpada tahun 1886. Pada tahun 1893insinyurkebangsaanHungariabernama János Csonka dan Donát Bánki juga mendesain alat yang serupa. Adalah Frederick William Lanchester dariBirmingham,Inggrisyang pertama kali bereksperimen menggunakan karburator pada mobil. Pada tahun 1896 Frederick dan saudaranya membangun mobil pertama yang menggunakan bahan bakar bensin di Inggris, bersilinder tunggal bertenaga 5 hp (4 kW), dan merupakan mesin pembakaran dalam (internal combution). Tidak puas dengan hasil akhiryang didapat, terutama karena kecilnya tenaga yang dihasilkan, mereka membangun ulang mesin tersebut, kali ini mereka menggunakan dua silinder horisontal dan juga mendisain ulang karburator mereka. Kali ini mobil mereka mampu menyelesaikan tur sepanjang 1.000 mil (1600 km) pada tahun 1900. Hal ini merupakan langkah maju penggunaan karburator dalam bidang otomotifKarburator umum digunakan untuk mobil berhahan bakar bensin sampai akhir 1980-an. Setelah banyak kontrol elektronikdigunakan pada mobil, penggunaan karburator mulai digantikan oleh sistem injeksi bahan bakar karena lebih mudah terintegrasi dengan sistem yang lain untukmencapai efisiensi bahan bakar. ĿĿ sebagai alat pendengar
(Source:wikipedia)

Nah itu adalah sejarah pengembangan karburator.seiring perkembangan zaman karburator sekarang sudah tergantikan oleh injeksi dan bluecore.walaupun begitu mungkin banyak yang belum mengerti cara memperbaiki karburator sepeda motor. Dari pada kita harus kebengkel dengan ongkos yang lumayan bagi para pelajar mending kita membongkar sendir, itung-itung belajar sambil ngirit.
Oke kita lanjut ke topik bahasan utama.

Cara memperbaiki :
Keluhan yang kerap terjadi pada karburator yakni pada saat stasioner putaran mesin permenit atau yang sering kali kita sebut dengan RPM tidak setabil. Jadi ketika motor di panaskan atau dalam keadaan diam dan pengendara tidak merik gas makan secara tiba – tiba suara mesin akan keras dan tidak lama kemudian engine akan kembali melemah. dan begitu seterusnya. Lalu bagai manakah cara mengatasinya ? Kami spek engine akan memberikan tips dan triknya di bawah ini :Mesin tersendat pada saat stasionerAdvertisementPada permasalahan di atas terjadi karena, pada campuran bahan bakar dan udara yang berada di venture yakni lubang karburator dengan udara tidak cukup banyak dan seimbang. Maka terjadilah proses pembakaran tidak sempurna.Nah, kalau pembakaran sudah tidak sempurna, maka gentakan tenaga untuk mendorong piston yang akan menggerakan motor akan menjadi lemah dan tidak bertenaga. dan akibatnya mesin akan tersendat – sendat dalam istilang bengkel yakni brebet.

Perbaikan :

1.Untuk mengatasi permasalahan di atas yakni anda harus putar setelan skrup udara searah jarum jam atau arah menutup. Hal tersebut bermaksud agar memperbanyak campuran udara dengan bahan bakar.

2.Langkah ke dua yaitu pindahkan posisi pilot jet ke tingkat yang lebih besar.

3.Setelah itu anda harus ganti jarum skep atau throttle dengan emnggunakan jarum yang berdiameter lebih kecil. Hal tersebut bermaksud supaya campuran udara dengan bahan bakar di venturi akan di semprotkan ke ruang bakar mesin akan lebih besar.Mesin mengalami penurunan tenaga atau tenaga menjadi lemahPermasalahan ini sama persis dengan permasalahan yang pertama di atas, yakni pada campuran bahan bakar danudara yang tidak sempurna seperti ukuran normal yang telah di tentukan oleh pabrikan. Untuk memperbaikinya, anda cukup mengganti main jet dengan ukuran yang lebih besar. Penyebab seperti itu terjadi karena asupan bahan bakar tidak sesuai dengan ketentuan standar pabrik.Sepeda motor terlalu banyak mengeluarkan asap berwarna hitamSeperti pada umumnya para mekanik di bengkel – bengkel menyebut masalah tersebut ialah karburator terlalu basah, artinya pada asupan bahan bakar ke lubang venturi terlalu banyak dari tekanan seharusnya. Nah maka dari itu sebaliknya udara yang masuk terlalu sedikit.

1.Nah, bagi anda yang motornya sering mengalami permasalahan tersebut anada bisa memperbaikinya dengan melakukan beberapa langkah yaitu :2.putarlah skrup setelan udara keluar atau ke arah melepas, hal ini bermaksud untuk memperkaya udara di venturi

3.Gantilah pilot jet ke nomor yanglebih kecil

4.Setelah itu gantilah jarum skep dengan jarum yang berukuran lebih besar.Putaran mesin melemahKondisi seperti ini bisa terjadi karena bahan bakar yang masuk ke lubang venturi karburator tidak sebanyak dari tekanan yang telah di rancang oleh pabrikan. Maka sebaliknya asupan udara yang menjadi lebih banyak. Carauntuk memperbaikinya anda bisa melakukan dua langkah yaitu 

:1.langkah pertama anda harus menggantinya dengan menggunakan jarum skep yangberukuran lebih kecil. Hal tersebut agar campuran bahan bakar dan udara akan lebih banyak

2.Langkah ke dua yaitu putar skep setelan udara ke arah jarum jam atau mengencangkan sehingga udara yang masuk ke lubang venturi akan di tekan kuat ke arah ruang pembakaran.Akselerasi motor sulit untuk bertambah dan tenaga mesin datarTerakhir jika anda mengalami masalahtersebut pada sepeda motor anda, berarti pada bagian campuran udara dan bahan bakar yang ada di dalam karburator terlalu banyak atau melebihi tekanan yang telah di sesuaikan. Biasanya para mekanik menyebutnya karburator banjir.

(Source:www.spekengine.com)

Yah,demikian sedikit artikel mengenai otomotif dan tutorialnya ,semoga bermanfaat.
SeeYouNextArticle

1 komentar:

  1. Tulisan yang bermanfaat dan menginspirasi, berbagi ulasan tentang perbaikan mobil dan motor di Tutorial Memperbaiki Mobil Motor

    BalasHapus